Tanggap Bencana, Pemkab, TNI – Polri dan BPBD Deli Serdang Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

TribrataNewsDeliSerdang – Memasuki awal tahun 2020 ini, bencana alam cukup marak terjadi. Hal ini dikarenakan musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Untuk ngantisipasi terjadinya kerusakan serta korban jiwa akibat bencana alam ini, Segenap unsur Forkopimda Deli Serdang yang terdiri dari Pemkab Deli Serdang, TNI – Polri, BPBD Kab. Deli Serdang,dan instansi terkait melaksanakan apel siaga penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan di Alun – Alun Pemkab Deli Serdang. Rabu (08/1/2020).

Apel siaga penanggulangan bencana alam ini dipimpin langsung oleh Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan. Dalam Kegiatan tersebut, turut hadir pula Wakil Bupati Deli Serdang, M. Ali Yusuf Siregar, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi SIK, Dandim 0204 DS, Letkol Kav, Syamsul Arifin SE, Wakapolresta Deli Serdang AKBP Julianto P. Sirait, Danyon 121/MK Letkol Inf Wisnu Joko Saputro, Kepala Staf brigif 7/RR Letkol Inf Andrean Siregar dan Tamu Hadirin Lainnya.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan yang menjadi pembina apel mengatakan, berdasarkan undang – undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, dinyatakan bahwa wilayah negara kesatuan republik indonesia, memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang berpotensi menimbulkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun manusia seperti: gempa bumi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan lain sebagainya. Melihat kondisi geografi yang demikian, maka kesiapsiagaan dalam mengantisipasi setiap bencana, sangatlah diperlukan. kata Ashari.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Deli Serdang didampingi Kapolresta, Dandim,unsur Forkopimda beserta instansi terkait melakukan pemeriksaan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan seperti perahu karet, pelampung, helm, dayung, gergaji mesin, tambang, sekop, senter, sepatu boots hingga kendaraan khusus seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil BPBD.

Saat diwawancari oleh Tribrata News, Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi SIK mengatakan ”Dalam penanganan bencna alam, semua pihak harus mengerti dan memahami situasi, sebelum terjadi, saat terjadi dan setelah terjadinya bencana alam. Apa, kapan, dimana dan siapa berperan?” tegas nya.

Apel kesiapsiagaan ini, tidak hanya bertujuan mengecek kesiapan personil tapi juga kelengkapan sarana prasarana, dukungan logistik dan lainnya, melainkan memastikan seluruh petugas sudah siap siaga tanggap bencana, all out bersama segenap komponen masyarakat untuk meminimalisir dampak bencana yang tidak bisa diprediksi kapan terjadi dan tidak bisa dicegah,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan