Cegah Human Eror Pada Penerbangan, Polresta Deli Serdang Bersama BNNK Deli Serdang Gelar Pemeriksaan Test Urine Terhadap Awak Kabin

TriBrataNewsDeliSerdang – Mencegah terjadinya humas eror dalam penerbangan karena pengaruh buruk zat adaktif narkotika, Polresta Deli Serdang bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Deli Serdang melaksanakan Test Urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Deli Serdang bersama Polresta Deli Serdang kepada Pilot dan Pramugrari (Awak Kabin) seluruh Maskapai yang akan berangkat dan yang baru mendarat di Bandara Kuala Namu Internasional Airpot (KNIA), Senin (30/12/19).

Bertempat di meeting room areal kedatangan Bandara Kuala Namu Internasional Airpot, turut hadir dalam pemeriksaan test urine ini Wadir Dit Resnarkoba Polda Sumut AKBP Franky Yushandy, SIK, MH, Kasubbdit III Dit Resnarkoba Polda Sumut AKBP M. Fadris, SIK, Waka Polresta Deli Serdang AKBP Julianto P. Sirait, SH, SIK dan Kepala BNN Kab. Deli Serdang AKBP Safwan Khayat serta Kasat Narkoba Polresta Deli Serdang AKP M. Octavian, SE.

Dalam pelaksanaan pemeriksaan test urine ini dilakukan terhadap para pilot dan pramugari (awak kabin) dari seluruh maskapai baik yang akan berangkat maupun yang baru tiba di Bandara Kuala Namu Internasional Airpot. Dipilihnya meeting room areal kedatangan Bandara Kuala Namu Internasional Airpot karena merupakan areal keluar masuknya para awak kabin yang akan berangkat dan baru tiba.

Sebelum dilakukan test urine dilakukan pemeriksaan awal (cek fisik) yaitu pemeriksaan pupil mata, denyut nadi dan pemeriksaan bagian dalam mulut kepada awak kabin, dan jika dari pemeriksaan awal tersebut diduga terdapat menggunakan narkotika baru akan dilakukan test urine terhadap air seni.

Kepala BNN Kab. Deli Serdang AKBP Safwan Khayat, didampingi Wadir Dit Resnarkoba Polda Sumut AKBP Franky Yushandy, SIK, MH dan Waka Polresta Deli Serdang AKBP Julianto P. Sirait, SH, SIK menjelaskan kepada awak media, bahwa terdapat 60 (enam puluh) orang baik pilot maupun pramugari yang dilakukan pemeriksaan awal cek fisik, dari ke enam puluh orana tersebut terdapat 15 (lima belas) orang yang dilakukan test urine terhadap air seninya karena diduga terdapat gejala dari konsumsi narkotika, namun hanya terdapat satu orang yang air urinenya diduga telah mengkonsumsi narkotika.

“Terhadap satu orang tersebut, kami lakukan assessment dan juga akan dilalkukan test konfirmasi diLabfor Polda Sumut untuk mengetahui secara pasti dari hasil urinenya” jelas AKBP Safwan.

Pelaksanaan pemeriksaan test urine ini dalam rangka pengamanan menjelang perayaan Tahun Baru 2020 guna menjamin tidak terjadinya human eror dalam penerbangan sebagai salah satu fasilitas masyarakat untuk melakukan perjalan liburan ataupun perayaan ibadah Tahun baru. (Rm) *    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.